Selasa, 22 Desember 2009

KEMINDERAN = KESOMBONGAN

Hmm… judul diatas gw dapet dari salah satu artikel tentang mukjizat dari buku renungan yang di kasi sama Bibint ndut..
Lama juga gw renungin judul itu.. Perasaan minder pasti sedikit banyak pernah hinggap pada masing-masing pribadi.. ngga terkecuali gw..

N jawaban yang gw dapet kurang lebih seperti ini.. minder datang ketika bertemu orang yang lebih segala-galanya dari kita, lebih tajir, lebih cantik/ganteng, lebih kurus/ndut, lebih pintar, lebih berprestasi dll.. rasa itu bisa juga disebut kesombongan, karena kita tidak bersyukur atas apa yang sudah Tuhan berikan kepada kita, tidak berjiwa besar untuk mengakui kelemahan kita.. N takut ditolak karena menganggap orang lain lebih dari kita or takut dikritik orang lain, sebenarnya karena kita terlalu mencintai diri kita sendiri sehingga kita takut orang lain akan meremehkan or merendahkan diri kita..

Sampe detik ini, gw masi terus belajar untuk selalu bersyukur atas semua yang udah Tuhan berikan ke gw n fam.. gw akan terus belajar seumur hidup gw..

Kayak kata si Mimir nduty, “Tuhan telah menetapkan kita untuk belajar sampe akhir hidup..”

Kayak kata Ii gw, “sekalipun kita menganggap tidak ada yang bisa kita syukuri dalam hidup ini, mungkin karena kurangnya perhatian dari orang tua, teman2 yang kurang menghargai, atau karier yang masi gitu2 ajah, satu hal yang perlu kita ingat dan sangat syukuri adalah, bahwa Dia telah rela mati di Kayu Salib untuk menebus dosa-dosa kita, yang berarti Dia sangat mengasihi kita n kita sangat berharga di mata-Nya..”

Terus juga kayak yang ciciku bilang ke gw lwt sms, “jangan terlalu pusing dengan penilaian or omongan orang..”

Yang penting kita selalu melakukan hal2 yang positif, bertujuan baik, n ngga menyakiti orang2 disekitar kita.

Nah, tips untuk menghilangkan rasa minder adalah:

1. ubahlah apa yang bisa diubah n terimalah apa yang ngga bisa diubah.. maksudnya kalo kita minder karena badan ndut, kita bisa mulai diet n olah raga supaya penampilan lebih okeh.. tp kalo hidung kita pesek, kuping caplang, or mata sipit, yaw udah, syukuri ajah, masing2 kita diciptakan Tuhan unik..(kayak kata bokap gw..

2. belajar untuk ngga tersinggung n ngga terluka apapun yang orang lain katakan n betapapun buruknya sikap mereka terhadap kita.. jangan biarin orang lain ngendaliin perasaan kita, kta sendirilah yang harus belajar untuk ngendaliin diri kita sendiri..

3. tampilkan jati diri kita.. beranilah menampilkan diri kita n buatlah diri kita berarti untuk orang lain, tunjukkan kelebihan kita (cth. Gw niy, bukannya sombong yah, sedikit2 bisa gambar, bisa bikin puisi, bisa bantu orang bikin plan pendidikan, pensiun or income/family protection yang okeh, hehehe..), ungkapkanlah perasaan kita..

4. bersikap tegas.. kalo iyah, bilang iyah.. kalo ngga, bilang ngga.. jangan takut untuk minta bantuan orang lain, beranikan diri meminta orang lain melakukan sesuatu untuk kita (asal jangan yang aneh2), yang penting kita harus rendah hati n siap untuk menerima penolakkan tanpa rasa tersinggung..

5. yakinkan diri kita sendiri bahwa kita berharga n tidak ternilai.. pribadi yang unik n satu-satunya di dunia, tidak tergantikan oleh apapun juga..n jangan membanding2kan diri dengan orang lain.. ngga jadi soal bagaimanapun keadaan kita n apapun penilaian orang terhadap kita.. kita semua punya hak untuk menikmati hidup, untuk menjadi apapun yang kita inginkan n untuk meraih yang terbaik dalam hidup kita..


Thanks buat semua yang udah jadi inspirasi dalam hidup gw.. buat gw belajar tentang hidup ini, belajar untuk selalu bersyukur.. nyokap, bokap, koko, Ii2ku, my dearest friends, ciciku tersayang, leaders, nasabah2ku, calon2 prospek, n orang2 yang tanpa mereka sadari udah buat gw belajar ..

God Bless You All..
verve vine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar