Rabu, 30 Desember 2009

Profesi Pilihan

Guru, Karyawan, Pengacara, Dokter, Bankir, Pedagang, Broker, Agen Asuransi Jiwa, ada banyak pilihan profesi yang bisa kita pilih dalam hidup, yang mana yang mau kita jalani.. yang terakhir gw sebutin mungkin jarang banget yang bercita-cita untuk menggelutinya, tapi itu adalah profesi yang gw pilih untuk gw jalani sekarang ini..

Gak berasa udah empat taun gw menggeluti profesi ini, sejak gw kuliah semester 2 or 3.. Awalnya Ii gw, yang sekarang leader gw, ngajak gw buat jadi sekretarisnya, tp ditunda-tunda terus.. ampe bosen.. Gw ga tau kalo dia orang kerja di asuransi.. jaman dulu mah gw buta bgt sama yang namanya asuransi.. nabungnya mah di bank ajah.. ngarepin bunganya kecil banget, kepotong biaya adm, kepotong pajak, tp gw tetep ajah nabung disitu.. kalo diinget2 lumayan juga loh tabungan gw, untuk anak jaman SMA punya uang 3 juta dari ngumpulin uang jajan… hehehe.. coba dah kenal asuransi dari dulu.. bisa dapet lumayan tuh returnnya..

Akhirnya, yah gitu karena diajak jadi sekretaris ga jadi-jadi, gw diajak jadi agennya d.. hehehe…
Pikiran bisa nyambi kalo lagi ga ada kuliah.. tp ternyata ga segampang yang gw bayangin.. Buset, anak bau kencur jadi agen, ga kenal banyak orang, ngomong masih a i u e o.. malah terkadang nyerocos terus.., apalagi pas pertama nyoba kanvasing sendirian ke toko material, ke jatinegara, ke toko emas.. keringetan, deg2an, belom lanjut ngomong udah dikasih telapak tangan... alhasil minta temenin si Ren mbem, itu pun dia mao jg karena gw iming-imingi dapet persenan.. hehehehe…

Gw bersyukur banget Tuhan kasih gw jalan ini walau tadinya niat cuma buat nyambi, n walau mungkin hasilnya blom “Wah bgt”.. banyak banget hal2 yang bikin gw belajar, belajar tentang karakter orang2 yang gw temui.. belajar mendengarkan, belajar bersabar (itu kayaknya yang plg susah, hehehe..), belajar rendah hati, belajar ngomong, belajar untuk bekerja sama, belajar untuk percaya dan bisa dipercaya.. income pun juga okeh.. hehehe..

Sempat beberapa bulan yang lalu, nyokap maksa gw ngelamar di Bank asing jadi sekretaris bos, dpt referensi dari temen nyokap, n ga tau kenapa dari semua kandidat n kebetulan gw orang terakhir yang diwawancarai ama si bos langsung, gw yang diterima.. padahal bahasa inggris gw cuma aktif listening n reading, writing n speakingnya pasif.. (mungkin karena gw yang plg cantik kali yah, hehehehehe…, kali, ciliwung… =p)..gw pun mau ngelamar karena gw pikir nanti bisa kenal banyak orang lagi, bisa punya temen banyak lagi..

Pas denger kabar gw diterima, Bonyok seneng banget, apalagi si koko.. tapi gw terpaksa harus bikin mereka kecewa, karena besoknya pas ketemu HRD, dengan polosnya gw bilang kalo gw masi di PLA, alhasil gw disuruh milih, n gw pilih untuk tetap menjalani profesi gw karena udah komitmen ma nasabah gw.. pas bonyok dengar kabar ini, keliatan banget mereka kecewa sama pilihan gw.. gw tau itu karena mereka sayang sama gw, n mungkin bagi mereka akan lebih bangga liat anaknya kerja jadi sekretaris di bank asing.. daripada dilapangan, dijalanan, I’m so sorry .. gw blom bisa ngebuktiin kalo profesi pilihan gw juga bisa buat mereka bangga...

Ga tau kenapa gw jadi kepikiran lagi akan profesi yang gw pilih ini..
Kemarin pas kanvasing ma temen2 gw ke toko2, ketemu sama Cici yang udah punya polis PLA selama 7 taun, tp pengen batalin karena kecewa ama agennya.. gw n temen2 berusaha memberi masukan ke dia, agar jangan karena ada pengalaman buruk ama satu oknum agen, dia malah jadi ngerugiin diri sendiri n keluarganya.. karena kalo ampe dia batalin polis di tengah jalan, sayang banget uang tabungan n manfaat asuransi yang selama ini dia ambil jadi sia2.. tanggung tinggal 3 taun lagi..
Mudah2an masukan gw n tmn2 bisa di terima si Cici.. kyknya c iyah, cos dia ngangguk2 ajah tuh, hehehehe ..

Si Cici cerita, waktu dia klaim biaya RS dari PLA mah lancar semua, prosesnya gampang, n uangnya cepet keluarnya.. tapi yang bikin dia kesel, agennya, yang kebetulan cicinya dia sendiri udah ga aktif jadi agen lagi, ga mau ngebantuin dia urus klaim.. leader cicinya si Cici pun juga ga mau tahu..
Tapi untungnya ada asisten engkunya yang kebetulan kerja di asuransi lain mo ngebantu urus klaim n Puji Tuhan prosesnya lancar n uang klaimannya cepet keluar..
Nah, sikap leader cicinya si Cici yang bikin gw sedih.. kenapa dia bersikap begitu sama nasabah, cuek2 ajah.. cos Ii gw sering bilang “kita kerja mesti Full Heart walau ga Full Time”.. (setelah lulus kuliah, gw udah full time loh..)

Pas si Cici tanya dimana dia bisa temuin agen yang bener-bener bisa bantuin dia ketika dia butuh bantuan untuk klaim, gw cuma bisa bilang ke dia..
“Kalo bisa kita cari agen yang benar-benar full time di bidang ini, karena ini adalah kontrak jangka panjang, n kalo gw ga bisa janjiin apa2, yang pasti sampe entah gw atau nasabah duluan yang dipanggil Yang Di Atas, kalo butuh bantuan gw, entah untuk apa ajah n kalo gw gak berhalangan pasti gw akan bantu dia, yang pasti ini adalah profesi pilihan gw..”

Gw ga mau janji2 manis ke dia kalo gw bisa selalu ada untuk dia.. karena sebagi manusia gw juga punya banyak keterbatasan.. Jawaban gw untuk si Cici itu pun selalu gw berikan untuk para nasabah gw.. (para nasabahku, kasih referensi yang banyak yah biar saya bisa service Xan lebih okeh, hehehehe…)..

Rangkuman dari renungan gw diatas.. ga munafik terkadang kita memilih menggeluti suatu profesi mungkin karena kita anggap bisa memberikan keuntungan buat kita.. namun apapun profesi pilihan kita, kita harus melakukannya dengan hati, jangan semata-mata hanya mengaharapkan keuntungan.. mencintai atau setidaknya belajar untuk mencintai profesi yang sudah kita pilih, pahit-manisnya, susah-senangnya, n orang2 yang berhubungan atau terlibat didalamnya..

verve vine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar