Jumat, 08 Oktober 2010

KKMK’s Live In 24-26 Sept’10, Menoreh Kasih di Lereng Merapi (Unforgetable Memory) Chapter 3

Keluarga Mbo Is dan Borobudur


Kebanyakan penduduk sini kerjanya bertani.. Mbo Is dan Pak Gimen punya sawah, kebun cabe, dan daun chaesim (sawi).. Kalo Mas Gino kerjanya sebagai tukang kayu.. bangku2 di Stasi, kusen2 rumah, yang buat Mas Gino.. n ternyata di Desa ini, sudah sering diadakan acara Live In.. sejak krg lebih 10 tahun lalu..

Kata Mas Gino, Desa yang wilayahnya masi asri, tinggal disini saja karena banyak penambangan pasir liar sehingga lingkungan pada rusak.. Daerah atas n lembah sdh banyak yang rusak, tp Puji Tuhan, sekarang penambangan pasir liar itu dah mulai berkurang cos banyak aksi2 yang dilakukan penduduk untuk mencegahnya..

O iyah, ada hal yang buat gw salut sama penduduk di sini, walaupun hidup mereka sangat sederhana dan boleh dikatakan sgt minim, tp ketika mereka bersiap untuk beribadah mengikuti Misa, mereka mengenakan pakaian terbaik mereka.. Bapak2 pada pakai batik, Ibu2 ada yang pakai batik atau kebaya sederhana.. begitu pula anak2 muda dan anak2 kecilnya.. pakai rok or kemeja yang rapi.. hehehe..

Selesai makan dan ngobrol, sekitar jam 7 malam lewat, Rani n gw balik lagi ke Stasi, ternyata ada persembahan gamelan dari penduduk.. Wahyu, Ka Vero, n teman2 yg lain pada semangat maw nyoba belajar main.. hehehe.. terus, sharing kesan dan pesan pengalaman Jelajah Air, adain games sedikit, n abis itu kita pada makan jagung bakar rame2, makan kue bola, minum jahe anget, sambil ngobrol di samping Stasi..

Gak berasa dah jam 10 malam, kita balik ke ‘rumah’ masing2.. karena besok jam 7 pagi dah harus kumpul barang di Stasi n jam 8 pagi dah harus berangkat pulang..pas gw n Rani sampe rumah, keluarga Mbo Is dah pada tidur..

Badan gw semuanya rasanya sakit banget.. mungkin karena gak biasa melakukan aktivitas fisik yang berat seperti hari ini.. hehehe.. ampe kamar gw n Rani lsg tidur..

Minggu 26 Sept ’10, jam 3 pagi gw dah bangun krn kebelet pipis tp karena kamar mandinya letaknya di samping rumah utama, gw gak jadi pipis, gw tahanin n tidur lagi.. hehe.. Sekitar jam 5 pagi kurang, gw bagun lg, Rani jg bangun krn dia kebelet pup.. hehehe.. tp dia juga bingung, pintu rumah di kunci apa gak, maw ngebangunin si Mbo ga enak.. akhirnya gw minta dia coba ajah sapa tahu pintunya gak di kunci.. bener ajah dia gak balik2 kamar lagi, berarti pintu dah terbuka.. hehe..

Begitu Rani balik kamar, gantian d gw yang ke kamar mandi, karena kebelet pup juga, hehehehe.. ternyata si Mbo dah bangun, lagi siap2 masak di dapur.. udahan pup, gw ada liat si Mbo lg masak air.. si Mbo masaknya pake tungku kayu bakar.. terus gw duduk depan tungku, bantuin si Mbo yg maw buat api di tungku sebelahnya.. hehe.. seru jg masak pake kayu bakar walau mata agak2 perih kena asap yang mengebul.. sambil bantu si Mbo jg tungku yg satu supaya tetep nyala, kita ngobrol..

Si Mbo sibuk ngoseng2 sayur kyk cap cay.. Si Mbo jg bikin masakan spesial, telur bulat goreng balado buat kita sarapan.. hehehe.. si Mbo bilang, kalo masak pake kompor minyak tanah, dia malah gak telaten kerjanya, terus kalo masak pake kayu bakar, masakan lebih sedap jadinya.. hmm..

Baru ngobrol bentar, Mba Isti sama Ayu dtg ke dapur, di susul Pak Gimen.. yo wis dapurnya jd rame, gw pamit ke kamar ajah sekalian ambil perlengkapan wat mandi..

Singkat cerita, setelah ngepack2in barang, gw n Rani poto2 dulu ama keluarganya Mbo Is untuk kenang2an.. o iyah, Mbo Is bilang kalo Natalan ini di desa mereka maw adain kyk perayaan gitu, kita2 di undang dtg ama mereka.. o iyah, gw ma Rani juga di bekalin hasil sawah n kebun keluarga Mbo Is (isinya cabe merah, cabe hijau, beras, n sawi chae sim, ampe 1 kardus.. *taw isinya pas dah buka di rumah, cabenya montok2 bgt.. hehehe..)

Ki-Ka: Mba Isti, Pak Gimen, Ayu, Agus, Mbo Is, Rani, gw



Jam 8 dah pada kumpul semua di Stasi.. setelah lengkap, kita jalan kaki ke tempat parkir bis.. tas n barang bawaan kita di angkut ama mobil pick up kecil yg tempo hari angkut barang kita juga..

Sambil jalan kaki ke tempat parkir bis, kita poto2 lagi.. hehehe.. krg lebih jam 8.20 pagi kita sampe bis n berangkat ke Borobudur.. asikk.. hehehe..


 maaf lupa namanya, Yanti, ka Fani, Yosefa, Rani, gw

Jam 9.30 pagi ampe Borobudur, tapi jam 10.30 siang dah harus kumpul di bis lagi.. hmm bentar bgt.. tadinya kita jalan rombongan berangkat ke candinya, tp gak taw gimana akhirnya gw, Rani n Yosef terpisah dari rombongan n asik foto2 keliling candi ampe ke puncak.. hehehe..





Eh boleh maw pas poto2, Rani di poto ma bule cowo ganteng.. hehehe.. terus pas poto2, kita bertiga juga di poto ma bule cewe, hehehe.. wajah khas Indonesia n asia kali yah..

 

Gak berasa dah jam 10.30 siang, kita dah mesti balik bis.. beli oleh2 dulu, pilah-pilih, ternyata dah jam 11 siang, ampe di panggilin via speaker, kita bertiga di suruh buruan ke bis.. hehehe.. eh ternyata Yosefa n Doa lom ke bis juga ketemu kita bertiga di jalan.. lsg d kita buru2 ke bis..

Singkat cerita, kita ampe Jakarta lagi jam 12 malam lewat dikit.. pas bgt cos kalo lewat bnyk, itu bisnya bisa kena charge bayar lagi.. hehehe..

Benar2 pengalaman yang menyenangkan.. mudah2an anak KKMK Algonz Cijantung bisa segera di bentuk, n kita bisa rutin adain acara kyk baksos gini lagi or adventure kemana gitu.. hehehehe.. sayang Yulia n Nona gak bisa ikut.. mudah2an kalo ada acara seperti ini lagi, mereka bisa gabung..

Tamat


verve vine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar