Senin, 04 Oktober 2010

KKMK’s Live In 24-26 Sept’10, Menoreh Kasih di Lereng Merapi (Unforgetable Memory) Chapter 2

Jelajah Air

Hmm.. akhirnya dimulailah perjalannya. Krg lebih jam 11 siang, kita berangkat jelajah air.. Bapak2 n Ibu2 pemandunya bilang perjalanan ini akan menempuh jarak sekitar 2 KM.. lumayan juga..

Start the Journey

Kita berjalan melewati kali yang lebarnya krg lebih 1 meter n cetek dan di dasarnya banyak batu2 kali kecil n besar.. mesti hati2 bgt dalam melangkah n mencari pijakan supaya gak tergelincir.. makin ke sana arus air juga makin deras .. krn perjalanan turun n naik.. lebar kalinya juga kadang melebar kadang menyempit..

Sesekali kita berhenti menunggu teman2 yang lain sambil foto2, hehehe.. Seru bgt, kita gak hanya lewat kali, sesekali juga lewat semak2, kyk di hutan gitu, terus nyebrangin parit, dll benar2 ky berpetualang di alam liar..

Pas lewat kali yang lumayan deras n dalem, pas nyebrang parit, pas nurunin turunan berbatu yg agak mawur tanahnya, kita2 slg bantu kasi pegangan tangan.. seneng bisa saling tolong menolong, membantu teman seperjalanan kita u bisa sampai tujuan dengan selamat..

Full of Smile

Akhirnya kita tiba di semacam curug (air terjun kecil) yang tingginya krg lebih 80 cm.. kita2 mesti naik ke atas curug u melanjutkan perjalanan.. Bapak2 pemandu n teman2 yg sdh di atas membantu menarik kita ke atas..

Begitu sampai di atas, ternyata di depan ada curug lg yg mesti kita lewati, kali ini tingginya krg lebih 1,5 meter.. hehehe.. teman2 cowok bantu kasi pijakan, dari tangan mereka yg disilangkan, Bapak yg di atas nanggepi tangan kita narik ke atas.. seru bgt.. baju2 dah mulai basah kena air curug..

Kita jalan lg lanjut perjalanan dan ternyata, ada curug lg yang mesti kita lewati, naik ke atasnya.. tinggi bgt, krg lebih 5 meter.. di curug itu ada 2 buah tangga bamboo besar yang sudah disediakan untuk kita naiki..

Weleehh.. maw ke tangga itu kita mesti lewat kali yg lmyn dalemnya sedengkul, n itu curug tinggi bgt, jarak anak tangga masing2 pun jug lmnyn jauh, krg lbh 50cm.. mana air terjunnya deres bgt.. pas kita naiki itu anak tangga, bener2 gak bisa ngeliat ke atas mawpun kesamping karena kesirem air terjun yg deras.. berdoa sepanjang pendakian supaya selamat karena sama sekali gak ada alat bantu untuk naik ke puncak curug selain tangga bamboo itu n gak ada tali pengaman seperti yg kita pake kalo maw wall climbimg..

Mba Adhe sempet gak berani naik, tp karena dorongan semangat dari teman2 yg lain, sampe2 Mas Heri yg dah di puncak, turun lagi wat kasi semangat ke Mba Adhe, akhirnya berani manjat itu tangga, dibantu Bpk Pemandu yg naik sama2 menjaga di belakang Mba Adhe..Ngalahin rasa takut kita, weleeh pas sampe puncak rasanya seneng bgt.. thanks God.. sampe di puncak kita istirahat sebentar sambil nunggu teman2 yg lain naik semua, kita relaksasi duduk di bawah curug kecil.. hehe.. di sini bajunya dah pada basah kuyup..

gw, sampe puncak tangga, fokus pada pencapaiannya yah, jng pipi gw yg lagi tembem bgt..

Ternyata eh ternyata, setelah semua naik ke puncak n melanjutkan perjalanan lg, lewati curug kecil yg td buat relaksasi, di depan ada curug lg yg sama seremnya kyk td tp lebih sempit n airnya lebih deras.. n tangga bamboo yg mesti kita daki lebih kecil.. anak tangganya selang seling ada di sisi kanan n kirinya.. weleh.. thanks God, kita semua bisa melewatinya.. termasuk mba Adhe yg sedari tangga bamboo pertama dah ketakutan.. hehehe..

mas heri lg semedi sebelum manjat tangga, hehehe...

Kita melanjutkan perjalanan lagi.. ngelewati kali kecil didalam gua juga.. seru bgt kayak caving gitu jadinya.. kat Bpk pemandunya, itu gua buatan leluhur mereka.. tujuan di buatnya gua tsb adalah supaya air bisa mengalir ke bawah mengaliri sawah mereka..

Melewati Gua buatan

Weleh setelah melewati rute yg menegangkan, sampe juga kta ke jalan aspal.. hehehe.. n sampe tujuan, balik ke Stasi St.Paulus.. sampe lokasi krg lebih jam 2..

Terus ternyata penduduk sudah menyediakan teh manis hangat n kue pisang yg enak bgt, plus camilan rengginang.. hehehe.. n ternyata gak cuma itu, kita juga di sediakan nasi Doa (nasi gurih gitu,kalo di Jakarta kata Mba Rini namanya nasi Bogana) yang di bungkus daun pisang, wuenak tenan.. pas di buka kirain nasi doang, ternyata di dalem nasi ada tumisan daun singkong sama ebi, n telur dadar iris panjang.. enak bangeeet.. nasinya di bagiin Romo kyk bagiin Komuni gitu d.. hehehe..

Nasi Doa, Photo by: Yosef

Sambil makan nasi Doa, kita dibacaain pembagian tempat kita untuk menginap.. gw n Rani kebagian nginap di rumah Bpk Gimen.. setelah selesai makan nasi Doa kita ambil2 tas n bawaan kita ke ‘rumah’ masing2 (rumah penduduk yg ketempatan kita maksudnya, hehehe..)

Kita ‘pulang’ sambil di anter Pak Gimen ke rumah beliau yang gak terlalu jauh dari Stasi.. rumah yg sangat sederhana.. sampe rumah lsg di sambut sama Mbo Is (istrinya Pak Gimen), Mba Isti (anaknya Pak Gimen), dan Ayu (anakny Mba Isti, cucu Mbo Is n Pak Gimen)

Gw n Rani di anter ke kamar tempat kita menginap.. kta tidur berdua dalam satu kamar, naro tas, beres2 brg. balik lagi ke ruang tamu ngobrol sebentar sama Mbo Is dan Mba Isti sambil makan hidangan tahu goreng, keripik2an n teh manis, Pak Gimen dah pamit pergi lagi.. kebetulan gw bawa boneka teddy bear Pru yg dapet dari beli kupon Charity, gw kasih ke Ayu.. si Ayu kesenengan, itu boneka di bawa2 terus.. hehehe..

Abis ngobrol n makan tahu, gw n Rani mandi, u menghemat waktu, kita mandinya bareng.. hehehe.. si Rani pake acara pup lagi.. hahahaha.. airnya seger banget.. kamar mandinya ada di dapur yng terpisah dari rumah utama.. jam 3 kita mesti balik lagi ke Stasi cos maw Misa bersama-sama penduduk..

Teman2 KKMK kasi persembahan berupa paduan suara yang agak2 berantakan karena cuma latihan sebentar sebelum Misa.. hehehe.. terus selesai Misa, kita serah terima barang2 u sumbangan berupa alat audio, speaker, mic, buku2, alat2 tulis, sembako, dll, sama ketua lingkungan..

Abis Misa, kita poto2 bentar, terus balik ke ‘rumah’ masing2 istirahat.. Di rumah Mbo Is dah sediakan makanan, kita makan bersama dengan keluarga Mbo Is, n sambil ngobrol dan kenalan dengan Mas Gino, Suaminya Mba Isti, n Agus, adiknya Mba Is yg masi umur 13 tahun.. mereka ramah2 bgt..

Foto bersama setelah Misa

O iyah, mayoritas penduduk di Desa Tangkil dan Desa sekitarnya, memeluk agama Katholik..

Perkenalan dengan keluarga Mbo Is, berlanjut ke chapter 3 yah……………….